Lowongan Kerja ke jepang Gratis

Lowongan  Kerja Perusahaan jepang Untuk SMA/SMK, D3, Maupun S1 Terbaru Gaji 15-25 Juta/Bulan, pendaftaran dapat dilakukan secara Online dengan mengakses tautan dibawah »
Lowongan Kerja ke jepang Gratis Depnakertrans

Apabila kita mencermati struktur piramida penduduk di Indonesia, maka kita wajib bersyukur, bahwa Indonesia sedang menyongsong sebagai negara yang produktif yang ditandai dengan jumlah usia muda yang sangat mendominasi, Sayangnya Indonesia sebagai negara terbesar urutan #4 di dunia (stl China, India, USA) dalam hal jumlah penduduknya, belum terlalu banyak program pengentasan kemiskinannya. Program pengentasan kemiskinan malah cenderung menjadi sarana pencitraan jangka pendek dengan model model “Bantuan Langsung Tunai”.

Tidak sadar, dengan potensi penduduk muda sebesar Indonesia, jika dimobilisasi akan menjadi negara makmur.

Padahal fakta membuktikan bahwa sarana pengentasan kemiskinan ada 2 cara (kasih komentar jika ada cara lain, yach.. )

#Dengan sarana kewirausahaan/entrepreneurship, berapa jumlah orang kaya baru yang mentas melalui wirausaha dan asalnya adalah anak orang miskin? Banyak khan?

#Dengan sarana PENDIDIKAN yang berkualitas, silakan disebutkan siapa saja orang kaya yang asalnya anak orang miskin dan berhasil mentas dengan sarana Pendidikan? Yang kemudian menjadi Pejabat, Direktur, Executive, Dosen, bahkan Pengusaha sukses.

Buanyak! Umumnya menempuh pendidikan dengan support biaya pendidikan dari ortu angkat, beasiswa, lembaga zakat, etc.
Apa langkah selanjutnya setelah anak anak SMK, lulusan Akademi, lulusan S1 lulus? Mereka harus menjadi tenaga kerja produktif!

Apakah lowongan pekerjaan di Indonesia tersedia? Tunggu tunggu, siapa bilang mereka harus kerja di Indonesia? Mereka bebas memilih mau kerja di mana saja bisa.

Mereka bisa bekerja ke negara makmur yang usia muda nya sudah langka. Negara-negara semacam itu sangat membutuhkan tenaga kerja produktif. Lowongan Kerja selalu terbuka untuk pelamar lowongan kerja dari negara manapun. Kenapa kita kalah dengan Philipina? Sumbangan GDP terbesar Philipina asalnya adalah dari Tenaga Kerja yang bekerja di luar negeri.

Oke, tapi bagaimana mempersiapkan anak anak lulusan SMK/Akademi/S1? Menurut pengalaman saya, cara paling efektif adalah dengan magang pada industri-industri sesuai bidang pecari lowongan kerja. Agar lulusan magang berstandar Internasional, maka magang nya bisa dengan memanfaatkan Lowongan Kerja Magang di luar negeri.

Mari kita bahas pilihan pilihannya yah…

Artikel ini akan membahas peluang Lowongan Kerja Magang di Jepang.

Magang Jepang ? Sebagian orang mungkin menganggap magang Jepang, kerja ke Korea dan pekerjaan menjadi TKI di luar negeri adalah pekerjaan yang kurang bergengsi.
Mungkin Anda juga berpikiran seperti itu?

Magang Jepang tidak sama dengan kerja ke Hongkong / Malaysia / Taiwan dll. Paling tidak masalah gaji juga keselamatan kerja.

Keselamatan Kerja paling diutamakan oleh perusahaan Jepang, bisa dilihat dari standar perusahaan Jepang yang ada di Indonesia.

Magang ke Jepang sebagai trainee selama 3 tahun bekerja di bidang manufacture / pabrik, sebagian besar pabrik mobil, elektronik dll. Peserta yang mengikuti program ini bisa medapatkan uang saku / gaji s.d 250 ribu yen ( Rp 25 jutaan ). Coba bandingkan dengan gaji bekerja di Malaysia / Taiwan/ Hongkong, bisa 3 kali lipatnya lebih besar mengikuti program magang jepang.

Bila peserta telah menyelesaikan magang selama 3 tahun, mereka rata rata membawa pulang Rp 300 juta s.d 400 jutaan, bahkan ada yang lebih dari itu. Coba Anda bekerja di Indonesia, misalnya gaji Anda 1,5 juta / bulan, butuh berapa tahun Anda bisa mendapatkan uang sebanyak itu ?

Selain mendapatkan uang saku, magang ke Jepang Anda bisa menikmati keindahan / wisata ke Jepang dengan biaya murah , karena biasanya hari Sabtu / Minggu perusahaan di Jepang libur, jadi para trainee bisa main ke berbagai kota di Jepang dengan memanfaatkan sarana transportasi yang canggih seperti shinkansen ( kereta api cepat ) , chikatetsu ( kereta api bawah tanah ).

Setelah 3 bulan sejak kepulangan dari Jepang, peserta masih menerima nenkin ( semacam asuransi ) dari Jepang. Rata rata berkisar antara 20 jt s.d 50 juta. Bukan hanya itu, ada banyak perusahaan jepang di Indonesia yang menawarkan wawancara kerja dengan mantan kenshuusei ( trainee dari Jepang ) tersebut.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa mengikuti seleksi magang ke Jepang ?

Seleksi Magang Jepang yang ada di Indonesia ada 2 program, yaitu
a. Seleksi Magang Jepang IM Japan ( dulu bernama IMM )/Lowongan kerja ke jepang ini Gratis dan
b. Seleksi Magang Jepang Swasta / Non IMM (Biaya Mandiri)

Program pengiriman pekerja magang dari Indonesia ke Jepang difasilitasi IMM, sudah dimulai sejak tahun 1993. Sejak 1993 sampai akhir tahun 2009 telah mengirim 29,587 orang, sebagian besar ditempatkan di perusahaan manufaktur.

Program Magang Jepang Merupakan program pemerintah DISNAKERTRANS RI bekerjasama dengan IMM JAPAN ( IM JAPAN ) DAN YAYASAN /LEMBAGA SWASTA ( untuk non IMM JAPAN ) untuk memberikan kesempatan kepada pemuda indonesia untuk belajar bekerja di jepang yang berguna untuk meningkatkan sumber daya manusia INDONESIA yang nantinya bisa membangun atau menciptakan lapangan kerja sendiri di INDONESIA.

DASAR PELAKSANAAN PROGRAM PEMAGANGAN KE JEPANG

Memorandum of Understanding (MOU) antara Direktorat Jenderal Binalattas Kemennakertrans R.I. dengan The Association for International Manpower Development of Medium and Small Enterprises Japan (IMM) tanggal 16 September 1994 diperbarui dengan amandemen pada tanggal 1 Februari 2010.

-Manfaat Magang Kerja di Jepang adalah sbb:
GAJI – Gaji peserta magang minimal berkisar di 90 ribu yen atau sekitar 10 juta dengan kurs mata uang Yen saat ini(besarnya gaji bisa di lihat pada saat perjanjian kontrak kerja). Ini merupakan gaji pokok peserta magang + ditambah gaji lemburnya bisa mencapai 15-20jt/bulan. Pengalaman dari peserta magang di Jepang, setiap bulan rata-rata mereka menerima gaji sebesar 150 ribu yen atau sekitar rp. 15 juta rupiah. Selama 3 tahun dengan gaya hidup normal bisa menabung sebesar rp. 500 juta. Angka ini bisa berkali lipat ganda 2 sampai 3 kali jika selama pemagangan mereka banyak kerja lembur dan hemat selama di Jepang. Angka yang fantastis untuk seorang anak muda yang tadinya tidak punya uang sama sekali

-PENGALAMAN KERJA STANDAR INTERNASIONAL – Banyak sekali yang bisa didapatkan dari gaya hidup selama di Jepang. Kedisiplinan, habit tepat waktu, etos kerja keras, pola pikir problem solver, inovasi dan kreatifitas terhadap ide-ide baru yang cemerlang, kebiasaan dan budaya Jepang yang tentunya merupakan ilmu dan pengalaman yang sangat berharga untuk menjadikan peserta magang yang berkualitas internasional. Menikmati salju dikala musim dingin, menikmati onogiri dibawah guguran bunga sakura dikala hanami, naik kereta supercepat shinkansen, naik gunung Fuji dan lain-lain merupakan pengalaman yang begitu indah untuk dibagi dengan para sahabat dan keluarga.

-TUNJANGAN MODAL USAHA – Setelah selesai program magang kerja di Jepang selama 3 tahun dengan baik, peserta akan mendapatkan “pesangon”. Sehingga peserta yang hemat akan mendapatkan tabungan + pesangon. Jumlahnya 600.000 Yen.

-NEXT LEVEL OPPORTUNITY – Umumnya saat keberangkatan, peserta magang kerja di Jepang berusia pada kisaran umur 20-26 tahun. Dengan menjalani program magang kerja selama 3 tahun maka saat mereka selesai program dan pulang pada usia 23-29 tahun. Usia yang masih sangat muda untuk mewujudkan impian-impian yang besar. Mereka bisa mendirikan usaha di Indonesia dengan modal uang dan modal keahlian yang dimiliki dari magang kerja di Jepang. Mereka juga bisa meneruskan kuliahnya, terserah mau kuliah dimana? Bisa di Indonesia, bisa di Jepang, atau di China. Bisa apa lagi? Bagi yang mau bekerja, mereka bisa menanamkan modalnya menjadi properti yang produktif, kemudian mereka bekerja di pasar lowongan kerja internasional
Fasilitas Peserta yang lolos seleksi:

-Mendapatkan fasilitas akomodasi dan transport
Mendapat tunjangan uang saku/gaji (telah di singgung di atas)
Mendapat perlindungan asuransi kecuali sakit gigi, sakit bawaan yang diderita sebelum tiba di Jepang
Dengan adanya UU Tenaga Kerja yang baru, peserta magang dari Indonesia mendapatkan hak yang sama dengan pekerja asli Jepang. Kesamaan hak itu mencakup gaji, jaminan perlindungan dan status sebagai tenaga kerja. Sehingga dengan UU Tenaga Kerja yang baru tsb, maka peserta Magang ke Jepang asal Indonesia mendapatkan jaminan perlindungan sejak tahun pertama sampai tahun ketiga yang SETARA dengan hak tenaga kerja warga Jepang.

- MEMPUNYAI SKIL TEHNIK YANG BISA DI ANDALKAN
- BERSERTIFICATE INTERNATIONAL
- MENGUSAI BAHASA JEPANG DENGAN MAHIR
- MENGETAHUI BUDAYA JEPANG
- PADAT MODAL BISA MEMBAWA UANG LEBIH DARI 400 JUTA
-BISA BEKERJA DI PERUSAHAAN JEPANG DI INDONESIA

Calon peserta magang ke Jepang harus memahami secara benar bahwa proses untuk bekerja/magang kerja di Jepang membutuhkan waktu panjang, kesiapan fisik, mental, kedisiplinan, ketekunan, keuletan YANG DI BUTUHKAN ADALAH KEDISIPLINAN DAN KEMAUAN UNTUK MERUBAH SIKAP DAN TINDAKAN

Banyak sekali Lembaga atau yayasan pengiriman tenaga kerja keluar negri menerapkan Sistem potong gaji untuk memikat para korbannya, padahal Hampir semua buruh migran Indonesia mengalami potongan gaji secara ilegal. Potongan ini disebutkan sebagai biaya penempatan dan "bea jasa" yang diklaim oleh PJTKI/ yayasan dari Para tenaga migran yang dikirimkannya.pemotongan gaji jelas dilakukan secara sepihak oleh lembaga pengirim, Besarnya potongan bervariasi, mulai dari tiga bulan sampai tujuh, bahkan ada yang sampai sembilan bulan gaji. Tidak sedikit tenaga migran yang terpaksa menyerahkan seluruh gajinya dan harus bekerja tanpa gaji selama berbulan-bulan. Praktik ini memunculkan kesan bahwa Tenaga Migran adalah bentuk perbudakan yang paling aktual di Indonesia.

Buat peserta yang serius dan punya kemauan dan kemampuan untuk merubah sikap dan tindakan
Kami Akan mengajarkan trik Bagaimana Peserta didik kami bisa lolos untuk bekerja ke jepang tanpa Uang sepeserpun dengan penghasilan 10-15jt/bulan Tanpa system potong gaji baik melalui jalur swasta maupun Im Japan

PASCA PEMAGANGAN

Peserta yang telah berhasil menyelesaikan program pemagangan selama 3 (tiga) tahun wajib pulang ke Indonesia dan akan menerima :
-Sertifikat Keterampilan dari JITCO.
-Sertifikat Keterampilan dari IMM Japan.
-Tunjangan modal usaha sebesar ¥ 1000.000 (untuk usaha mandiri).kurs yen saat ini 112= Rp.112 jt
-Peserta akan mengikuti wawancara dengan perusahaan Jepang yang ada di Indonesiaia untuk ditempatkan pada perusahaan tersebut. Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain :

PERUSAHAAN
-PT. Yamaha Indonesia Motor MFG
Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat (Jl. Bekasi KM 23) Pulogadung
-PT. Toyo Besq Precision Part Indonesia
Jl. Permata Raya Lot 8 & 13 Kawasan Industri KIIC Karawang
-PT. Idemitsu Lube Techno Indonesia
Graha KIIC Lt. 2 Jl. Pramata Raya Lot C-1B Karawang
-PT. Sanyo Medical Indonesia
Jl. Rembang Industri III No. 30 Pasuruan Industrial Estate Rembang
-PT. Toyota Tsusho Mechanical & Enginnering Service Indonesia
Kawasan Industri MM2100 Plot KK-7 Cikarang Barat
-PT. Keihin Indonesia
Kawasan Industri MM-2100 Blok JJ-I Cikarang Barat.
-PT. Ex-Batam Indonesia
Blok 216 Jl. Beringin Batamindo Industrial Park - Muka Kuning - Pulau Batam
-PT. Metec Semarang
Tanjung Emas Export Processing Zone Jl. Coaster No. 8 Blok 12A-16, Semarang
-PT. Central Motor Wheel Indonesia
Jl. Rembang Industri II, No. 2 Kawasan Rembang Industri, Pasuruan
-PT. Mitsuba Indonesia Pipe Parts
Kawasan Industri MM-2100 Plot NN-12 , Cikarang Barat
-PT. Gistex Nisshinbo Indonesia
Jl. Nanjung No. 66 Cimahi Selatan, Bandung
-PT. Aichi Forging Indonesia
Jl. Pegangsaan Dua, Blok A-1 KM. 1,6 Kelapa Gading - Jakarta
-PT. Mandom Ind.
Kawasan Industri MM-2100, Jl. Jawa Blok J-9 Cibitung.
-PT. Ihara Manufacturing Ind.
Kawasan Industri EJIP Plot 7K-2, Cikarang Selatan.
-PT. Yasunaga Indonesia
Kawasan Industri Modern Cikande Kav. 24, Banten
-PT. Yamaha Motor Manufacturing
Kawasan Industri KIIC Lot F2 & F6
dll masih bnyak lagi...

mumpung masih muda gunakan kesempatan magang ini dengan sebaik2nya...
hidup ini adalah pilihan
Anda harus menentukannya sekarang,
anda harus memilih sekarang,
atau pilihan itu yang akan menentukan hidup Anda,
dan itu akan SAKIT!
Agar tahu pentingnya waktu SETAHUN, tanyakan pada murid yang gagal kelas.
Agar tahu pentingnya waktu Sebulan, tanyakan pada ibu yang melahirkan bayi prematur.
Agar tahu pentingnya waktu SEMINGGU, tanyakan pada editor majalah mingguan.
Agar tahu pentingnya waktu SEJAM, tanyakan pada kekasih yang menunggu untuk bertemu.
Agar tahu pentingnya waktu SEMENIT, tanyakan pada orang yang ketinggalan pesawat
Agar tahu pentingnya waktu SEDETIK, tanyakan pada orang yang baru saja terhindar dari kecelakaan
Agar tahu pentingnya waktu SEMILIDETIK, tanyakan pada peraih mendali perak Olimpiade

Bila Kegagalan itu bagaikan Hujan & Keberhasilan bagaikan Matahari, maka dibutuhkan keduanya untuk melihat Pelangi
Manjadda Wajadda, Ga peduli apapun keadaan kita kalo Bersungguh-sungguh PASTI BERHASIL....


berikut >> Pendaftaran seleksi magang jepang wanita

INFORMASI SELENGKAPNYA MENGENAI PROSEDUR DAN SELEKSI PEMAGANGAN KE JEPANG BISA BACA DI WEBSITE WWW.DAGANGKU.COM 

Salam Sukses Buat Kita semua...

NO
TANGGAL
PENYELENGGARA DAN TEMPAT SELEKSI
KETERANGAN
1.
24/06/2019 - 28/06/2019
PROVINSI KEPULAUAN RIAU
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI KEPULAUAN RIAU
TANJUNGPINANG
2.
08/07/2019 - 12/07/2019
PROVINSI JAWA TIMUR
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
SURABAYA
3.
15/07/2019 - 19/07/2019
PROVINSI GORONTALO
KANTOR DINAS PENANAMAN MODAL, ESDM DAN TRANSMIGRASI PROVINSI GORONTALO
GORONTALO
4.
19/08/2019 - 23/08/2019
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA KE 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
5.
26/08/2019 - 30/08/2019
SULAWESI TENGAH (LUWUK BANGGAI)
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KAB. LUWUK BANGGAI
LUWUK BANGGAI
6.
02/09/2019 - 06/09/2019
KABUPATEN KEBUMEN
DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN KEBUMEN
PROVINSI JAWA TENGAH MELIPUTI (Cilacap,Banyumas,Purbalingga,Banjarnegara,Wonosobo,Purworejo,Magelang)
7.
02/09/2019 - 06/09/2019
KOTA BATAM
KANTOR DINAS TENAGA KERJA KOTA BATAM
BATAM
8.
09/09/2019 - 13/09/2019
SUMATERA BARAT, TAHAP 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI SUMATERA BARAT
PADANG
9.
16/09/2019 - 20/09/2019
PROVINSI JAWA BARAT KE 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAWA BARAT
BANDUNG
10.
23/09/2019 - 27/09/2019
PROVINSI BENGKULU
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI BENGKULU
BENGKULU
11.
30/09/2019 - 04/10/2019
PROVINSI SUMATERA SELATAN
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI
PROVINSI SUMATERA SELATAN
PALEMBANG
12.
30/09/2019 - 04/10/2019
PONDOK PESANTREN MAMBA'UL MA'ARIF JOMBANG
PONDOK PESANTREN MAMBA'UL MA'ARIF JOMBANG
PELAKSANAAN REKRUT KE-2 JOMBANG PROV. JAWA TIMUR
13.
07/10/2019 - 11/10/2019
PROVINSI LAMPUNG
DINAS TENAGA KERJA PROV.LAMPUNG
BANDAR LAMPUNG
14.
14/10/2019 - 18/10/2019
PROVINSI JAWA TENGAH, KE 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROV. JAWA TENGAH
SEMARANG
15.
21/10/2019 - 25/10/2019
PROV. JAMBI 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROV. JAMBI
DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROV. JAMBI
16.
28/10/2019 - 01/11/2019
PROVINSI SUAMTERA UTARA KE 2
KANTOR DINAS TENAGA KERJA PROVINSI SUMATERA UTARA
MEDAN
17.
18/11/2019 - 22/11/2019
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
KANTOR DISNAKERTRANS PROV. NTB
DISNAKERTRANS PROV. NTB
18.
25/11/2019 - 29/11/2019
IKAPEKSI
Hubungi IKAPEKSI terdekat
Pelaksanaan di Provinsi Banten
19.
09/12/2019 - 13/12/2019
KOTA MAKASSAR
KANTOR DINAS KETENAGAKERJAAN KOTA MAKASAAR
KOTA MAKASSAR
20.
09/12/2019 - 13/12/2019
PONPES GEDONGAN CIREBON
PONDOK PESANTREN GEDONGAN CIREBON
PELAKSANAAN REKRUT KE-2 PONDOK PESANTREN GEDONGAN CIREBON

NOTANGGALPENYELENGGARA DAN TEMPAT SELEKSIKETERANGAN
1.
25/09/2017 - 29/09/2017PROVINSI PAPUA
Disnakerduk Provinsi Papua
Jl. Tanjung Ria Base-G No. 29, Jayapura Telp. (0967) 541687, 541693
Fax. (0967) 533779, 541679

DINAS TENAGA KERJA BIAK
Alamat: Waupnor, Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua
Telepon: (0981) 21619
Provinsi: Papua
KHUSUS ASAL PAPUA
2.
02/10/2017 - 06/10/2017JAWA TENGAH (2)
TEMPAT PENDAFTARAN KANTOR DINAS TENAGA KERJA, TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN PROVINSI JAWA TENGAH DI SEMARANG, DILAKSANAKAN SEBELUM PELAKSANAAN SELEKSI
KHUSUS PESERTA DARI PROVINSI JAWA TENGAH
3.
09/10/2017 - 13/10/2017PROVINSI SULAWESI TENGAH
Disnakertrans Provinsi Sulawesi Tengah
Jl. R.A. Kartini No.98, Palu 94112 Telp. (0451) 421633, 421733
Fax. (0451) 421933
PESERTA KHUSUS ASAL SULTENG
4.
23/10/2017 - 27/10/2017JAMBI
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI JAMBI
KHUSUS PESERTA DARI PROVINSI JAMBI
5.
30/10/2017 - 03/11/2017SULAWESI UTARA
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI SULAWESI UTARA
KHUSUS PESERTA DARI PROVINSI SULAWESI UTARA
6.
06/11/2017 - 10/11/2017D.I. YOGYAKARTA (2)
PENDAFTARAN DI KANTOR DISNAKERTRANS D.I. YOGYAKARTA
PESERTA DARI WILAYAH DI YOGYAKARTA DAN SEKITARNYA
7.
13/11/2017 - 17/11/2017PROVINSI JAWA TIMUR
Disnakertrans Provinsi Jawa Timur
Jl. Dukuh Menanggal No. 124-
126, Surabaya Telp. (031) 8282612, 8284078
Fax. (031) 8280245, 8280757, 8282612
PESERTA KHUSUS DARI JAWA TIMUR
8.
20/11/2017 - 24/11/2017PROVINSI SUMATERA UTARA
Disnakertrans Provinsi Sumatera Utara
Jl. Asrama No. 143, Medan Telp. (061) 8452551, 8452261, 8766225
Fax. (061) 8766225, 8452261
PESERTA KHUSUS DARI SUMATERA UTARA
9.
27/11/2017 - 01/12/2017SUMATERA SELATAN
KANTOR DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI PROVINSI SUMATERA SELATAN DI PALEMBANG
PESERTA KHUSUS WILAYAH PROVINSI SUMATERA SELATAN
10.
04/12/2017 - 08/12/2017PROVINSI LAMPUNG
Disnakerduktrans Provinsi Lampung
Jl. Gatot Subroto No. 28, Pahoman, Bandar Lampung Telp. (0721) 252605, 258630
Fax. (0721) 262856, 258630
PESERTA KHUSUS DARI LAMPUNG
11.
11/12/2017 - 15/12/2017PONPES GEDONGAN CIREBON
PONPES GEDONGAN DESA ENDER KEC. PANGENAN KABUPATEN CIREBON
PESERTA KHUSUS SANTRI/MANTAN SANTRI DI WILAYAH JAWA BARAT


by jasa fotografer bekasi

2 komentar